Tata kelola perusahaan di masa pandemic melalui Digital

Sebagai seorang profesional dalam sebuah perusahaan Digital, Kita harus mengetahui langkah apa yang akan di ambil untuk mengelola perusahaan di masa pandemic saat ini. Terkadang kita menangani suatu unit bisnis atau korporasi yang secara finansial sudah tidak tertolong seperti pailit (bangkrut). Tentu memberikan saran pencegahan atau lebih menitikberatkan bagaimana perusahaan itu tetap selamat. Namun terkadang, ada satu dan lain hal yang tidak bisa dihindari lagi dan perusahaan tetap harus bangkrut.

Ini adalah suatu konsekuensi bisnis yang harus diterima oleh setiap pengusaha konvensional untuk beralih ke Digital. Semakin baik tata kelola perpindahan unit bisnis dari konvensional menuju Digital, semakin panjang dan besar pula entitas bisnis yang dijalani. Sebetulnya, banyak penyebab perusahaan yang di masa sulit seperti ini belum mencoba perpindahan bisnis melalui platform Digital, dan pada akhirnya terpaksa harus gulung tikar dan tidak bisa lagi beroperasi.

Tata kelola perusahaan di masa pandemic melalui Digital | AgensixID

Tentu setiap yang memiliki usaha tidak menginginkan hal-hal tersebut terjadi. Baik dan buruknya kondisi perusahaan, setiap owner tetap menginginkan usahanya berjalan seperti layaknya sebuah unit bisnis bekerja.

Bisa karena tata kelola yang tidak profesional, ada pula karena konflik internal karena konflik interest. Misalnya, perebutan hak dan waris karena perusahaan tersebut merupakan perusahaan keluarga. Ada pula karena force majeure (kejadian luar biasa yang disebabkan oleh sebuah peristiwa di luar kuasa dan kontrol manusia), contohnya pandemi Covid-19 yang memaksa banyak perusahaan gulung tikar, serta banyak faktor lainnya. Dan disini peran Digital sangatlah penting ,karena dengan Digital menata perusahaan dengan plan dan goals yang tepat dan profesional dapat memperbaiki tata kelola perusahaan dengan lebih efektif dan efisien.

Sebuah entitas bisnis, baik UMKM atau korporasi, tentu setiap owner berharap bahwa bisnisnya akan berjalan dengan baik dan berkepanjangan, diawali dengan studi kasus di lapangan, kemudian membuat business plan, namun apakah cukup sampai disana saja?, apapun bisnis yang anda punya, baik baru berdiri atau sudah lama, perlu menekankan tata kelola perusahaan yang baik, efektif, dan efisien.

THE CLOUD

IS IN OUR DNA.