Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) adalah bagian dari penggerak perekonomian Indonesia, ada beberapa hal yang dapat kamu terapkan jika kamu ingin terjun memulai sebuah usaha untuk membuat Growth dalam ranah digital. baiknya Anda bias kenali dahulu beberapa jenis UMKM yang berkesempatan Growth dan berkembang dalam ranah Digital.

Terdiri dari tiga jenis usaha, yaitu usaha mikro, usaha kecil, dan usaha menengah ketiganya memiliki perbedaan dalam  pada jumlah aset serta omzet yang dihasilkan.

beberapa ide bisnis yang mungkin bisa kamu lakukan.

 

  1. fashion

Dalam bidang Fashion masih dapat diperhitungkan untuk kamu memulai usaha, karena produk fashion masih menjadi incaran favorit orang ketika mereka belanja melalui online.

bagi kamu yang punya ketertarikan di bidang fashion, langsung mulai aja untuk usaha di industri ini dengan menggunaakan system Pemasaran Digital. Produk yang bisa di jual dari celana, baju, aksesoris, sepatu bahkan kamu bisa targetin lebih detail lagi ke gender ataupun umur target pasar kamu.

usaha kamu dapat dipermudah jika kamu punya toko online, sehingga kamu bisa menjangkau semua target pasar kamu dimanapun mereka berada.

Ide-membangun-bisnis-UMKM-yang-dapat-growth-melalui-Teknoligi-dan-Digital

 

  1. kosmetik

produk kosmetik yang khususnya skin care saat ini menjadi trend pilihan kamu buat memulai usaha kecil dan menengah,di industri Digital dan Teknologi.

industri kosmetik menurut laporan kementrian perindustrian mengalami pertumbuhan sebanyak 20% di tahun 2017 dan industri ini masih didominasi oleh industri kecil dan menengah,.

Target Marketnya pun bukan dikhususkan untuk perempuan namun laki-laki kini bisa menjadi target market yang potensial denga produk skin care, selain itu tren menggunakan bahan alami juga populer dikalangan konsumen kosmetik Indonesia.

Ide-membangun-bisnis-UMKM-yang-dapat-growth-melalui-Teknoligi-dan-Digital

 

  1. Kuliner (F&B)

Bisnis yang satu ini tidak akan pernah mati sepertinya. di indonesia bisnis kuliner seakan selalu digandrungi terlebih lagi dengan adanya layanan antar makanan seperti Gofood dan Grabfood, bisnis ini semakin berjaya didunia online.

dengan memanfaatkan layanan antar makanan online, kamu bisa sangat memudahkan konsumen kamu yang sedang sibuk dan tidak bisa pergi ketoko kamu.

bidang ini sangat layak dipertimbangkan untuk kamu memulai bisnis terlebih lagi adanya dukungan layanan antar makanan online sehingga usaha kamu dapat dengan mudah mendapatkan pelanggan.

Ide-membangun-bisnis-UMKM-yang-dapat-growth-melalui-Teknoligi-dan-Digital

 

  1. Perlengkapan Bayi

Usaha kecil menegah ini mungkin terlihat biasa saja, namun pasar produk ini terbilang sangat besar bernilai 88 triliun rupiah di tahun 2017.

kamu bisa memulai dari sesuatu yang kecil seperti botol susu, pakaian bayi, mainan hingga perlengkapan mandi bayi. kamupun bisa menargetkan pasar kamu kekalangan orang tua muda dan mampu mengkombinasikan fashion warna warni perlengkapan bayi.

Ide-membangun-bisnis-UMKM-yang-dapat-growth-melalui-Teknoligi-dan-Digital

 

  1. Fotografi dan video

jasa layanan foto dan video bisa kamu pertimbangkan meskipun semua orang bisa mengakses kamera namun sedikit yang bisa menghasilkan foto dan video yang bagus.

jasa ini ramai dicari ketika ada acara yang membutuhkan dokumentasi momen-momen seperti pernikahan, wisuda, ulang-tahun ataupun anniversary.

 

Ide-membangun-bisnis-UMKM-yang-dapat-growth-melalui-Teknoligi-dan-Digital

 

  1. Buku

Kamu perlu riset untuk usaha yang satu ini sehingga kamu bisa memberikan layanan dan harga yang kompetitif dibanding toko buku lainnya, kamu bisa menjual buku secara online maupun toko fisik.

dengan adanya internet yang dapat mendukung bisnis umkm kini membeli buku tidak perlu lagi ketoko buku. kamu dapat menawarkan layanan pembelian secara online melalui website dan kamu juga perlu mengetahui buku apa saja.

Ide-membangun-bisnis-UMKM-yang-dapat-growth-melalui-Teknoligi-dan-Digital

 

yang sulit ditemukan di toko buku pasaran, misal buku import maupun buku langka yang banyak di cari orang. Jadi toko buku online kamu bisa bersaing dengan toko buku mainstream.

Kesimpulan

Kamu harus memahami potensi apa yang kamu miliki dan menjawab apa yang sedang menjadi kebutuhan disekitar kamu. ide usaha selalu ada untuk diterapkan.

dengan demikian, kamu bisa memanfaatkan momentum untuk menambah pundi-pundi penghasilan.

diera digital seperti saat ini, usaha kecil mikropun dapat memanfaatkan teknologi agar tetap eksis dan dapat bertahan. bahkan dapat pula melebarkan sayap bisnis karena dapat menjangkau target pasar tanpa kenal jarak dan waktu.

demikian artikel ini semoga bisa mendapatkan pencerahan untuk dapat segera membuka usaha dan membangun bisnisnya.

Selamat mencoba